6 Tips Merawat Rambut Tetap Sehat dan Cantik untuk Hijaber



Cara merawat rambut untuk perempuan berhijab jelas bebeda dengan perawatan rambut biasa. Dewasa ini berhijab menjadi sebuah tren fashion, banyak tutorial dan gaya memakai hijab yang bertebaran di internet. Memakai hijab atau penutup kepala seharian membuat rambut menjadi berminyak, rontok, mudah patah, kusam dan gatal. Jangan khawatir, semua masalah rambut diatas bisa kamu atasi dengan 6 tips merawat rambut khusus hijaber berikut ini.

cara merawat rambut wanita hijaber



Tips Merawat Rambut untuk Hijabers


1. Memilih bahan hijab yang tepat.


Memakai penutup kepala seperti hijab membuat rambut cepat lepek dan berkeringat. Keringat yang berlebih tersebut akan menimbulkan masalah baru pada rambut, seperti ketombe, rontok, dan bau apek. Maka dari itu, carilah hijab yang menggunakan bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun dan kaos. Selain itu pilihlah model hijab yang praktis dan hindari model hijab tumpuk karena membuat kulit kepala berkeringat.

2. Hindari pemakaian hijab dalam kondisi rambut basah.


Tips selanjutnya adalah jangan memakai hijab dalam keadaan rambut basah. Hal ini memicu munculkan ketombe dan bau tidak sedap pada rambut. Jadi pastikan rambut kamu kering sebelum menggunakan hijab. Bila terburu buru gunakan pengering rambut seperlunya.

3. Jangan mengikat rambut terlalu kuat dan kencang.


Cara merawat rambut untuk hijaber yang ketiga adalah hindari mengikat rambut terlalu kuat dan kencang. Hal ini menyebabkan rambut mudah patah dan bercabang karena menarik rambut dari akar terlalu kuat. Maka dari itu kurangi kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang atau ikatlah rambut dalam keadaan renggang.

4.Istirahatkan rambut.


Ketika di rumah, kamu dapat melepas jilbab dan memberi waktu beristirahat setelah seharian tertutup. Mengerai rambut dan membiarkan rambut tanpa ikatan agar rambut bisa bernafas. Cari ini berfungsi untuk mengurangi kelembapan di kulit kepala yang bisa memicu kerontokan atau ketombe pada rambut.

5. Jaga kebersihan rambut.


Hal yang terpenting dalam merawat rambut adalah menjaga kebersihan dan kesehatan rambut dengan cara keramas menggunakan sampo yang tepat dan cocok dengan rambut dan kulit kepala kamu. Pilihlah sampo yang dapat menyegarkan kulit kepala serta rambut walaupun tertutup hijab seharian atau sampo yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah rambut seperti rambut berminyak, kerontokan dan ketombe. Keramas secara teratur minimal 2 atau 3 kali dalam seminggu.


6. Perawatan alami.

Tidak ada salahnya mencoba melakukan perawatan rambut secara alami seperti menggunakan masker rambut dari buah alpukat untuk perawatan dari luar. Baca selanjutnya Cara membuat masker rambut alami di rumah gampang banget.

Itulah 6 cara yang bisa kamu praktekkan agar terhindari dari masalah seperti rambut rontok, rambut patah, atau rambut berketombe. Agar mendapatkan hasil yang sempurna disarankan untuk mengkonsumsi makan bergizi yang menunjang kesehatan rambut. Nutrisi yang penting untuk rambut seperti vitamin B6, B12, C, E serta protein bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi buah ,sayur dan kacang kacangan. Selalu menyisir rambut setelah ataupun sebelum memakai hijab, hindari menyisir poni kebelakang karena membuat akar rambut tertarik dan memicu kerontokan pada rambut.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Tips Merawat Rambut Tetap Sehat dan Cantik untuk Hijaber

2 komentar: