11 Penyebab dan 6 Cara Mengatasi Rambut Rontok



Bukan rahasia lagi bahwa rambut mempunyai pengaruh yang sangat penting bagi penampilan seseorang. Bahkan mereka rela mengeluarkan gocek yang cukup dalam untuk melakukan perawatan rambut. Sebagian besar dari mereka mengeluhkan masalah kerontokan pada rambut. Hal ini tidak hanya alami pada wanita tetapi terjadi juga pada pria, tidak heran jika banyak sekali produk produk shampo untuk merawat dan mengatasi rambut rontok.

cara mengatasi rambut rontok parah

Perlu diketahui, jika kerontokan pada rambut berkisar antara 50 sampai 100 helai perhari berarti kerontokan yang dialami rambut anda masih dianggap normal atau wajar. Nanum jika lebih dari itu, anda perlu memberi perhatian lebih untuk merawat rambut anda. Mari kita kenali dulu apa saja penyebab kerontokan pada rambut dan bagaimana cara mengatasinya?

11 Penyebab Rambut Rontok

1. Kelainan Hormon
Anda mungkin sudah berupaya keras untuk merawat rambut tapi tetap saja rontok? Mungkin hal tersebut disebabkan oleh faktor keturunan / ganguan hormon. Ada beberapa hormon yang menyebabkan rambut rontok, salah satunya adalah Hormon Dihydro Testosterone (DHT). Dikutip dari americanhairloss.org, Dihydro Testosterone (DHT) adalah turunan dari hormon testosteron laki laki. Hormon ini merupakan akar dari berbagai jenis rambut rontok yang menyebabkan rusaknya folikel rambut kita.

2. Kurang Gizi dan Vitamin
Penyebab rambut rontok kedua adalah kurangnya asupan gizi dan vitamin yang cukup. Hal ini menyebankan rambut tipis dan mudah rapuh. Maka dari itu, memenuhi asupan nutrisi juga sangat penting untuk merawat rambut tetap baik dan sehat.

3. Penggunaan Bahan Kimia
Kerusakan pada rambut juga dipicu oleh penggunaan bahan kimia yang berlebihan atau tidak sesuai dosis yang di anjurkan. Bahan kimia biasanya terdapat pada produk pewarnaan rambut dan perawatan rambut. Oleh karena itu teliti terlebih dahulu sebelum membeli. Karena setiap orang memiliki jenis kulit kepala yang berbeda.

4. Efek Samping Obat
Rambut rontok juga bisa disebabkan karena efek samping obat yang anda konsumsi, diantaranya obat kemoterapi, obat penenang / depresi, obat pengencer darah dan kontrasepsi.

5. Alat Penata Rambut
Tampil stylish dan kekinian sudah menjadi trend dewasa ini. Untuk mendapatkanya orang rela berjam jam disalon. Penggunaan alat untuk penataan rambut seperti catokan, pengeriting rambut dan pengering rambut / hair dryer bila digunakan berlebihan tanpa ada perawatan khusus pada rambut anda dapat menyebabkan rambut patah, kering, dan rapuh. Jelas itu semua membuat rontok rambut anda.

6. Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Memiliki rambut panjang terkadang mengharuskan kita untuk mengikatnya agar tidak repot melakukan aktifitas. Tapi mengikat rambut terlalu kuat bisa jadi membuat rambut anda rontok karena akar rambut akan tertarik, selain itu juga menyebabkan sakit kepala. Cobalah untuk merenggangkan ikatan.

7. Jarang Keramas
Jarang mencuci rambut juga berdampak pada kesehatan rambut dan kulit kepala. dilansir dari cosmopolitan.com, jarang keramas mengakibatkan rambut dan kulit kepala menjadi kasar, gatal, kering, kusam, volume rambut berkurang dan bau tidak sedap. Hal itu terjadi karena menumpuknya kotoran dan debu pada rambut. Rambut anda juga akan berminyak dan memicu munculnya ketombe.

8. Stress
Ketika seseorang dalam keadaan frustrasi, kesepian, atau kecemasan yang berlibihan akan menyebabkan stress. Kondisi ini membuat sel sel darah putih menyerang folikel rambut yang berakibat kerontokan pada rambut. Stress juga meningkatkan resiko serangan jantung, depresi dan obesitas.

9. Penyakit
Jika anda mengalami rambut rontok yang parah, bisa jadi itu adalah gejala awal dari berbagai bernyakit, diantaranya lupus dan diabetes. Selain itu infeksi kulit karena tidak cocok dengan shampo yang anda pakai juga mempengaruhi kerontokan rambut.

10. Hamil
Banyak kasus yang terjadi pada wanita hamil mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan. Hal ini disebabkan karena kada hormon estrogen dalam tubuh menurun yang berkibat naiknya hormon teriod atau sebaliknya. Tapi rambut anda akan tumbuh normal kembali saat hormon ditubuh sudah seimbang, sekitar 6 sampai 12 bulan setelah melahirkan

11. Merokok
Tak banyak orang tau, rokok juga memiliki efek buruk pada kesehatan rambut. Rokok mencegah oksigenaasi pada jaringan rambut dan menghapus efektif radikal bebas dalam tubuh. Selain itu merokok juga dapat menyebabkan sel rambut mati, sehingga menyebabkan kerontokan rambut.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut rontok, dengan mengetahui hal tersebut kita bisa lebih mudah untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut kita. Selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara mengatasi dan merawat rambut rontok.

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami



Sebenernya ada cara medis untuk mengatasi rambut rontok dengan melakukan transplantasi rambut atau melakukan perawatan rambut disalon. Tetapi kedua cara tersebut bisa menguras kantong anda. Mengapa tidak mencoba cara alami yang aman, murah dah mudah diaplikasikan dirumah. Dan yang pasti tidak memiliki efek samping karena tidak menggunakan bahan kimia sama sekali.



cara alami mengatasi rambut rontok


1. Lemon
Lemon memiliki kandungan astrigents yang berguna untuk mengencangkan pori pori di kulit kepala, sehingga dapat mengontrol kerontonkan pada rambut. Lemon juga kaya akan vitamic C yang menunjang kesehatan rambut dan asam alpha-hydroxy yang mengangkat sel mati pada kulit kepala.
  • Siapkan 2 – 3 lemon dan 1 gelas air hangat
  • Potong masing menjadi 2 bagian dan peras lemon kedalam gelas.
  • Saring air lemon tadi dengan kain muslin, selanjutnya campurkan dengan air hangat
  • Cuci rambut anda terlebih dahulu, kemudian tuangkan campuran keseluruh rambut dan memijatnya.
  • Diamkan selama 5 menit, dan bilas dengan air dingin.
  • Lakukan 2 minggu sekali di pagi hari setelah mandi.

2. Kentang
Kentang mengandung vitamin C, zat besi, dan kalium yang semuanya penting untuk kesehatan rambut. Perlu diketahui kekurangan kalium bisa menyebabkan kerontokan pada rambut.

  • Siapkan 1 potong kentang, Madu 1 sendok teh dan Air 1 sendok teh
  • Cuci kentang terlebih dahulu dan kupas semua kulitnya.
  • Potong kecil kecil dan masukan kedalam blender, tambahkan sedikit air.
  • Saring hasil blender dengan kain muslin, tambahkan 1 sendok teh madu dan air aduk sampai rata
  • Oleskan secara menyeluruh ke kulit kepala dan rambut, diamkan selama 30 menit.Bilas dengan menggunakan sampoo
  • Anda bisa melakukannya seminggu sekali.

3. Putih Telur
Telur adalah sumber yang kaya protein, vitamin B, dan nutrisi penting untuk kesehatan rambut yang optimal
  • Siapkan 2 butir telur.
  • Pecahkan dalam mangkok, pisahkan antara putih dan kuning telur.
  • Aduk putih telur hingga seperti gel.
  • Olehkan putih telur menggunakan kuas cat rambut secara merata pada kulit kepala dan rambut.
  • Selanjutnya tutup kepala dengan shower cap dan diamkan kurang lebih 20 menit.
  • Bilas dengan air dingin dan sampoo untuk menghilangkan bau telur.
  • Lakukan 2 kali seminggu.

4. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki peran penting dalam menyeimbangkan kada pH kulit kepala dan rambut. Merasap jauh ke dalam kulit kepala dan rambut, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.
  • Siapkan lidah buaya secukupnya.
  • Belah lidah buaya, bagian seperti gel gosokan pada rambut dan pijatkan dengan gerakan melingkar keseluruh kulit kepala.
  • Sebelum menggosok dengan gel lidah buaya pastikan rambut anda sudah dicuci sebelumnya.
  • Biarkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.
  • Lakukan 3 kali seminggu, baiknya dipagi hari setelah mandi.



5. Minyak Kelapa
Minyak kelapa mengandung antioksidan yang memperkuat rambut dan memberikan kilau alami. Selain itu minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba yang membantu memerangi infeksi kulit kepala.
  • Siapkan 1-2 sendok makan minyak kelapa murni.
  • Beri sedikit pemanas hingga hangat.
  • Oleskan minyak kelapa hangat tadi ke kulit kepala sampai akar rambut. Pijat kecil dengan geraka n melingkar.
  • Diamkan sekitar 30 menit atau semalan, kemudian keramas seperti biasa.
  • Anda bisa melakukannya setiap hari. 
  • Anda juga dapat menggunakan minyak almond dan zaitun. Minyak zaitun berguna untuk meningkatkan elastisitas rambut. Minyak Almond membantu mencegah rambut rontok dan membuatnya lebih kuat.

 6. Teh Hijau
Teh hijau dikenal untuk merangsang folikel rambut dan meningkatkan laju pertumbuhan rambut.

  • Siapkan 2 kantong teh hijau dan 2-3 cangkir air panas.
  • Celupkan teh hijau dalam air panas, tunggu hingga dingin.
  • Bilas teh hijau ke rambut anda dan pijat sampai merata ke kulit kepala. 
  • Anda dapat menggunakan solusi teh hijau ini sebagai kondisioner setelah keramas. 
  • Ulangi cara ini 2 kali seminggu.

Itulah beberapa cara alami mengatasi rambut rontok yang mudah dan dapat dilakukan dirumah tanpa mengeluarkan banyak uang. Selain dengan obat alami rambut rontok diatas, anda dapat mengikuti tips berikut untuk mencegah kerontokan pada rambut.

Menjaga gaya hidup sehat dengan tidak mengkonsumsi junk food dan olahraga teratur. Mengkonsumsi junk food dapat menyebabkan rambut rontok, selain itu juga tidak baik untuk tubuh karena mengandung kalori yang berlebih dan tidak ada nutrisi penting didalamnya. Sebaiknya anda beralih ke sayur dan buah buahan serta makanan yang kaya protein dalam menu anda. Jangan lupa luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari / 5 kali seminggu. Olahraga teratur meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke kulit kepala sehingga rambut lebih sehat dan tidak rontok.

Rambut rontok mungkin bisa menjadi masalah serius bagi anda, tapi tiap masalah pasti ada cara untuk mencegah dan mengatasi. Ikutilah tips diatas dan anda tidak akan bermasalah lagi dengan rambut rontok. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa meninggalkan komen.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 11 Penyebab dan 6 Cara Mengatasi Rambut Rontok

0 komentar:

Posting Komentar