Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Lepek



Mempunyai rambut yang berminyak dapat membuat penampilan sehari - hari kamu tidak maksimal. Selain itu, dengan kondisi tersebut rambut kamu mudah lepek dan menimbulkan bau yang tak sedap. Jenis rambut berminyak juga membuat debu dan kotoran mudah menempel pada rambut kita dan menyebabkan rambut tampak kusam dan memicu timbulnya ketombe.

Secara umum rambut berminyak disebabkan oleh kelenjar minyak yang memproduksi minyak berlebih pada kulit kepala. Hal ini dapat dipicu banyak faktor seperti keturunan, hormon, stress dan zat kimia pada produk perawatan rambut. Sebenarnya minyak tubuh atau sebum pada kulit kepala tidak berbahaya, bahkan mereka mempunyai peran yang sangat penting untuk melembabkan rambut dan kulit kepala serta mencegahnya cepat kering. Satu hal lagi, jamur malassezia yang memicu munculnya ketombe juga tumbuh di area kulit kepala yang berminyak.

Perawatan Tradisional Rambut Berminyak dan Lepek

cara mengatasi rambut berminyak secara alami

Bila kamu sudah melakukan perawatan rambut menggunakan sampo dan kondisioner tapi belum bisa mengatasi masalah rambut berminyak, malahan membuat rambut kamu kering. Ada baiknya kamu mencoba perawatan rambut berminyak secara tradisonal berikut ini. Selain membuat rambut kamu sehat, cara ini juga tidak memiliki efek samping karena tidak menggunakan bahan kimia sama sekali melainkan bahan alami. Tertarik untuk mencobanya?


Cara pertama yang bisa kamu coba adalah menggunakan perasan air jeruk nipis dan yogurt, samgat cocok untuk jenis kulit kepala yang berminyak dan rambut kering. Bahan yang perlu disiapkan yaitu, 1 sdm perasan jeruk nipis dan 2 sdm yogurt tanpa rasa. Campurkan kedua bahan tersebut hingga rata lalu aplikasikan ke kulit kepala secara merata dan pijat ringan. Biarkan kurang lebih 10 menit selanjutnya keramas seperti biasa. Kamu juga biasa menambahkan kondisioner pada ujung-ujung rambut dan bilas setelah itu. Perasan jeruk nipis berfunggsi untuk mengikat minyak pada kulit kepala tanpa membuatnya kering, dan yogort membuat rambut lebih lembut dan sehat. Kamu bisa melakukannya seminggu sekali dan lihat hasilnya.

Kamu juga bisa mengatasi masalah rambut berminyak dengan memanfaatkan putih telur dan perasan lemon. Caranya hampir sama seperti cara sebelumnya, campurkan kedua bahan yang telah disediakan, 1 butir telur diambil putihnya saja dan tambahkan beberapa tetes air perasan lemon. Setelah siap, oleskan campuran tersebut pada rambut yang telah dibasahi terlebih dahulu. Diamkan kurang lebih 10 menit agar nutrisi meresap pada kulit kepala dan rambut. Selanjutnya keramas dengan sampo untuk menghilangkan bau amis telur.

Mungkin cara yang ketiga ini sudah tidak asing lagi buat kamu. Lidah buaya sangat berkhasiat sebagai obat tradisonal untuk rambut. Gel lidah buaya mempunyai peran penting untuk menyeimbangkan kadar pH kulit kepala dan rambut. Cara penggunaannya pun cukup mudah, siapkan beberapa lidah buaya dan belah menjadi 2 bagian. Oleskan bagian gel lidah buaya pada rambut yang telah dibasahi secara merata. Tunggu beberapa menit setelah itu bilas dengan air bersih.

Selain mencoba perawatan rambut diatas, adapun beberapa tips untuk mencegah rambut berminyak. Keramas secara rutin setidaknya 2 hari sekali, hindari pemakaian gel atau serum rambut, jangan sering menyisir rambut, gunakan kondisoner hanya pada ujung ujung rambut dan jangan mengikat rambut ketika basah. Itulah cara untuk mengatasi rambut berminyak dan lepek secara alami tanpa membuat kantong kamu kering. Sebagai catatan, sesuaikan bahan yang dibutuhkan untuk perawatan rambut dengan panjang rambut yang kamu miliki. Semoga berhasil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Lepek

0 komentar:

Posting Komentar