9 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Membandel di Kulit Kepala



Apaan tuh putih - putih di rambut kamu? di bahu kamu juga? Risih nggk sih kalau temen kamu bertanya seperti itu? Mungkin kamu bakal malu langsung pulang kunci kamar terus merunungi nasib, oh ketombe pergilah, lebay banget ya hahaha. Ketombe memang tidak berbahaya, tapi itu memalukan dan membuat rambut kita gatal.

cara mengatasi ketombe permanen

Apa itu ketombe? Ketombe atau sindap adalah serpihan-serpihan kecil berwarna putih pada rambut yang disebabkan oleh pengelupasan sel kulit mati yang berlebihan pada kulit kepala. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya ketombe seperti salah memilih sampo rambut, kondisi kulit kering, psoriasis, dermatitis seboroik, eksim dan jamur malassezia. Kondisi ini bisa diperparah ketika kamu stress, sakit dan produksi minyak berlebih pada kulit kepala.


5 Faktor Penyebab Ketombe Berlebih

  1. Jenis kulit kepala
    Sudah mencoba banyak cara untuk menghilangkan ketombe tapi tidak berhasil, mungkin jenis kulit kepala kamu penyebabnya. Jenis kulit kepala setiap orang berbeda-beda, sehingga perawatanya juga berbeda. Maka dari itu ada baiknya kamu memeriksa dan mengkonsultasikan pada ahlinya untuk mengetaui cara terbaik mengatasi ketombe kamu.
  2. Kepanasan
    Sinar matahari, hair dryer, penutup kepala seperti topi, helm atau hijab dapat memicu munculnya ketombe. Kepala yang kepanasan menyebabkan sel kulit kepala cepat mati dan berubah menjadi ketombe. Jika kamu ingin mengunakan penutup kepala usahakan kondisi rambut tidak basah.
  3. Makanan
    Kesehatan kulit kepala juga dipengaruhi oleh faktor makanan. Kurangnya mengkonsumsi zat besi dan vitamin B bisa jadi penyebab ketombe. Zat besi bisa didapat dengan mengkonsumsi daging sapi, telur atau kedelai dan vitamin B dari alpukat dan bayam.
  4. Keramas
    Salah memilih sampo atau produk perawatan rambut lainnya bisa memicu timbulnya ketombe. Jangan terlalu sering keramas, setidaknnya tiga hari sekali saja. Pastikan sisa sampo saat keramas kamu bilas sampai bersih. Karena sisa sampo yang tertinggal pada kulit kepala dapat menyebabkan ketombe.
  5. Stres
    Banyak pikiran atau stres bisa menganggu kondisi kesehatan seseorang. Perubahan hormon didalam tubuh berubah ketika kamu mengalami stres, hal itu juga mempengaruh kondisi kulit kepala dan ketombe tentunya.
Itulah beberapa faktor yang memicu munculnya ketombe berlebih pada kulit kepala. Dengan mengetahui penyebabnya, setidaknya kita bisa mencegah ketombe muncul lagi. Untuk memaksimalkan usaha kamu mengatasi ketombe. Kamu bisa mencoba 9 cara alami menghilangkan ketombe membandel berikut ini yang bisa kamu buat sendiri dirumah.

9 Cara Alami Mengatasi Ketombe Permanen

 1. Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan jeruk nipis

cara mengatasi ketombe dengan jeruk nipis


Sediakan 1 sdt minyak zaitun dan 1 sdt perasan jeruk nipis. Oleskan hasil campuran keduanya ke kulit kepala dan bagian yang berketombe. Tutup dengan handuk dan biarkan semalaman, bilas dengan bersih keesokan harinya atau kamu langsung menggosokan jeruk nipis yang sudah di potong ke kulit kepala. Diamkan kurang lebih 20 menit selanjutnya bilas sampai bersih. Jeruk nipis kaya akan asam sitrat yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit kepala dan menghilangkan ketombe dari akar rambut.


2. Cara mengatasi ketombe secara alami dengan lidah buaya

Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya

Lidah buaya sudah terkenal sebagai obat alami untuk perawatan rambut. Potong kecil - kecil lidah buaya, oleskan daging atau gel yang sudah dipotong tersebut pada kulit kepala secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan sampo ringan. Lakukan secara rutin setiap hari sebelum mandi dan liat hasilnya.

3. Cara mengobati ketombe dengan garam

cara menghilangkan ketombe dengan garam dapur

Gosokan 2 - 3 sendok makan garam pada kulit kepala, lakukan hal ini saat kulit kepala kering atau sebelum mandi. Gosok atau pijat selama 10 menit selanjutnya keramas seperti biasa. Garam memiliki sifat abrasif yang berguna untuk menghilangkan serpihan ketombe sebelum kamu keramas.

4. Cara mengatasi ketombe dengan cuka apel

cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel

Cuka apel berfungsi sebagai fungisida yang membunuh jamur yang menyebabkan ketombe.
  • Siapkan 8 sampai 10 sdm cuka sari apel dan air.
  • Campurkan kedua bahan dalam sebuah mangkok.
  • Bilas rambut kamu dengan air bersih, selanjutnya tuangkan ramuan tadi ke rambut.
  • Gosok dan pijat sampai merata pada kulit kepala.
  • Diamkan selama 15 menit dan cuci rambut dengan air bersih
Peringatan, jangan sampai terkena mata. Jika itu terjadi segera bersihkan dengan air bersih

5. Cara mengatasi ketombe dengan baking soda

Manfaat baking soda untuk rambut

Bahan pembuat kue ini dapat kamu gunakan untuk menyingkirkan ketombe juga loh. Baking soda merupakan exfoliant ringan yang membantu menghilangkan kulit mati dan mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala. Baking soda juga membunuh jamur penyebab ketombe. Cara penerapannya sebagai berikut :
  • Sediakan 1 sendok makan baking soda
  • Bilas rambut dengan air bersih selanjutnya usapkan baking soda ke rambut
  • Diamkan selama 1 menit dan bilas dengan air sampai bersih. Kamu juga bisa menggunakan sampo untuk membilasnya.
Peringatan, jangan membiarkan baking soda terlalu lama pada rambut karena membuat rambut kamu kering.

6. Cara menghilangkan ketombe dengan kuning telur

Cara mengatasi ketombe menggunakan kuning telur

Kuning telur mengandung biotin yang sangat bermanfaat untuk rambut dan mengobati ketombe. Ikuti langkah berikut ini untuk membuatnya :
  • Siapkan 2 kuning telur, aduk sampai bercampur menjadi satu.
  • Pastikan rambut kamu kering untuk melakukan hal ini.
  • Oleskan kuning telur ke rambut secara menyeluruh
  • Tutup rambut dengan plastik dan diamkan selama 1 jam.
  • Cuci rambut dengan sampo untuk menghilangkan bau telur.

7. Cara menghilangkan ketombe dengan bawang putih

manfaat bawang putih untuk kesehatan rambut

Bawang putih memiliki sifat anti jamur yang membunuh jamur penyebab ketombe. Siapakan beberapa siung bawang putih dan 1 sdm madu. Tumbuk bawang putih hingga halus dan campurkan madu yang telah disiapkan sampai menjadi pasta. Oleskan ke rambut dan pijat menyeluruh ke kulit kepala, diamkan kurang lebih 15 menit. Selanjutnya bilas dengan sampo, kamu bisa melakukannya setiap pagi sebelum mandi.

8. Cara mengatasi ketombe dengan listerin / pencuci mulut

cara menghilangkan ketombe dengan listerin

Ternyata listerin juga bisa jadi solusi untuk menghilangkan ketombe. Listerin membantu membunuh dan mencegah tumbuhnya jamur penyebab ketombe.
  • Sediakan listerin dan air
  • Perbandingannya 9 : 1, jadi 1 sdm listerin dan 9 sdm air.
  • Cuci rambut kamu dengan sampo dan bilas dengan campuran listerin tersebut.

9. Cara mengobati ketombe dengan daun pandan secara natural

Obat tradisional ketombe dari daun pandan

Daun yang sering digunakan untuk pewangi alami makan ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi masalah ketombe. Nutrisi yang terkandung didalam daun pandan diyakini dapat menyehatkan dan menguatkan rambut. Cara membuat masker rambut alami dari daun panda  :
  • Sediakan 2 sampai 3 lembar daun pandan.
  • Cuci hingga bersih dan potong kecil kecil
  • Tumbuk potongan tersebut hingga halus.
  • Campurkan dengan sedikit air lalu pisahkan ampas dengan sari daun pandan.
  • Aplikasikan masker rambut daun panda ke rambut dan pijat hingga merata.
  • Diamkan selama sepuluh menit lalu bilas dengan air bersih.

Kamu bisa pilih salah satu cara diatas untuk menghilangkan ketombe, lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, olahraga dan minum air yang cukup agar tubuh kamu tetap sehat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 9 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Membandel di Kulit Kepala

1 komentar:

  1. cocok nih buat yang banyak ketombe , biar cepat ilang ketombenya

    BalasHapus